Ciri-ciri sperma tidak sehat

Ciri-ciri sperma tidak sehat

Siapapun pasti tahu bahwa sperma merupakan bagian penting dari tubuh yang mempunyai peran besar untuk menghsailkan keturunan. Bagi seorang suami kesehatan sperma adalah hal terpenting yang harus dimiliki. Banyak orang yang mencari cara agar memiliki sperma sehat, namun banyak pul aorang yang cuek karena tak mengerti apakah sperma yang mereka miliki sehat atau tidak. Oleh karna itulah dalam artikel ini anda akan mendapatkan beberapa informasi menarik tentang ciri-ciri sperma tidak sehat serta sperma yang sehat .

Ciri-ciri sperma yang tidak sehat 

Sperma yang tidak sehat akan menyebabkan sperma menjadi tidak subur alias mandul, lalu apa saja ciri-ciri sperma yang tidak sehat tersebuh? Setidak nya ada tiga ciri sperma yang tidak sehat yaitu :

1. Warna sperma
Selain putih, ternyata ada juga beberapa warna yang mengindikasikan bahwa sperma masuk dalam kategori sehat atau tidak . warna-warna tersebut ialah kuning, hijau, merah dan coklat. Bagi anda yang yang mempunyai sperma dengan warna yang terlalu kuning bahkan cenderung hijau, maka sobat harus berhati-hati  karena warna tersebut mengindikasikan terjadinya infeksi. Selain itu bisa dimungkinkan bahwa sperma anda terserang sebuah penyakit menular yang disebut dengan kencing nanah atau gonore. Segeralah berkonsultasi dengan dokter karena biasanya orang yang mengalami kencing nanah membutuhkan perawatan antibiotik. Sedangkan anda yang mempunyai sperma dengan warna merah atau coklat maka anda juga harus waspada. Karena warna merah ataupun coklat mengindikasikan bahwa ada pembuluh darah yang pecah di area prostat. Warna merah disebabkan oleh darah persisten keluar bersama sperma.

2. Sperma berbau busuk
Cara mendasar untuk membedakan sperma sehat atau tidak adalah dengan mencium bau yang dihasilkan dari sperma itu sendiri. Apabila sperma anda mengeluarkan aroma yang sangat baud an busuk maka bisa dipastikan bahwa sperma tersebut dalam keadaan yang tidak sehat. Karena sperma yang sehat dan normal adalah sperma yang mengeluarkan bau klorin. Bila sperma anda berbau busuk maka ada kemungkinan bahwa telah terjadi sebuah infeksi yang menyerang sperma anda. Untuk mengatasi hal ini sebisa mungkin carilah dokter yang telah berpengalaman untuk mendapatkan solusi.

3. Sperma terlalu kental
Mempunyai sperma lengket sperti jelly memang hal yang tak menghawatirkan karna menunjukan bahwa sperma anda sehat. Naumn apabila sperma terlalu lengket atau kental, maka bisa saja sperma sobat tidak dalam keadaan sehat. Untuk sperma yang normal dalam waktu 30 menit maka akan menjadi encer bahkan bening. Air mani kental bisa disebabkan oleh dehidrasi ataupun rendahnya hormon testosterone yang ada pada tubuh. untik itu pria harus waspada apabila memiliki air mani yang terlalu kental.

Ciri-ciri sperma yang sehat

1. Sperma berwarna putih
Ini merupakan cara yang paling mudah untuk mengetahui apakah sperma anda sehat atau tidak. Caranya adalah dengan memperhatikan warna yang ada pada sperma itu sendiri. Apabila sperma anda berwarna putih maka bisa dipastikan bahwa sperma anda dalam keadaan yang sehat sehingga sangat bagus untuk sobat yang ingin memiliki momongan. Selain itu apabila sperma anda memiliki warna sedikit kekuningan maka sperma tersebut masih bisa dianggap normal.

2. Jumlah sperma
Cara lain yang bisa anda untuk mengetahui apakah sperma sobat sehat atau tidak adalah dengan menghitung jumlah sperma itu sendiri. Namun yang pasti anda tak harus menghitung satu persatu, melainkan dengan memanfaatkan teknologi yang ada pada saat ini. Anda bisa datang ke spesialis sperma ataupun dokter. Biasanya dalam satu mili liter air sperma terdapat setidaknya 20 juta sperma. Bila jumlah sperma anda sebanyak itu bahkan melebihinya, maka sperma anda dikategorikan sebagai sperma yang sehat. Dan sebaliknya apabila kurang dari itu maka sobat harus berkonsultasi dengan dokter spesialis demi mendapatkan sperma yang sehat.

3. Satu sendok makan sperma
Mungkin cara ini dapat dilakukan sendiri dirumah tanpa perlu mendatangi dokter. Gunakan sendok untuk menakar cairan sperma anda ketika ejakulasi, untuk pria yang memiliki sperma normal mereka akan mengeluarkan setidaknya satu hingga dua sendok makan sperma dalam sekali ejakulasi. Apabila sperma yang sobat keluarkan kurang dari itu, maka sperma anda tidak dalam keadaan yang sehat. kondisi itu biasa disebut dengan hyphspermia yang kemudian menjadikan seseorang mengalami ejakulasi kering.

Artikel lainnya:

4. Sperma lengket 
Anda pun harus memperhatikan apakah sperma yang sobat keluarkan ketika ejakulasi terasa lengket atau tidak. Ciri mendasar dari sperma sehat adalah mepunyai warna putih dan bentuk yang lengket seperti jelly. Bila sperma anda lengket seperti jelly maka anda tidak perlu khawatir lagi akan kesehatan sperma anda.

Demikian artikel Ciri-ciri sperma tidak sehat semoga memberikan manfaat bagi anda yang membaca, jangan lupa share agar lebih bermanfaat bagi kita semua dan jaga selalu kesehatan anda. Terimakasih